Kualitas Nasi, jangan diabaikan.

image

 

Sebagai negara besar dengan sebagian besar penduduknya memakan nasi, maka sudah selayaknya rakyat dan pemerintah Indonesia khususnya membuat kebijakan yang mendorong untuk menkonsumsi nasi yang berasal dari beras yang berkualitas baik dan layak. Hari-hari ini kita menyaksikan alpanya perhatian tentang kualitas nasi yang dikonsumsi. Hari-hari ini kita menyaksikan betapa nafsu untuk mendapatkan untung yang besar dari pengusaha atau penjual, telah mengorbankan mutu beras yang dibeli untuk dagangan mereka. Ujung2 nya konsumen yang dirugikan, bukan hanya dari kenikmatan makan tetapi juga yang paling penting untuk kesehatan.

Mungkin anda masih ingat ketika saat2 awal sebuah restoran asli Indonesia milik seorang kenalan baik saya yang mengambil brand mirip dengan resto / bahasa Jepang. Ketika itu resto yang menampilkan berbagai menu pilihan bento (paket makan siang) dengan berbagai variasi ini terasa sangat khas, enak dan membuat kita kembali. Salah satu penyebabnya adalah kualitas nasi yang disajikan dalam keadaan panas2 itu sangatlah bagus, mirip dengan nasi putih yang kita makan di Jepang, misalnya di Tenya atau resto cepat saji lainnya. Namun sekarang terjadi penurunan, bukan hanya resto yang menyajikan bento ini. Nyaris seluruh resto di kota besar mengabaikan nasi yang disajikan. Hotel berbintang sekalipun demikian. Jika anda makan di restoran yang tergolong mahal sekalipun di mall atau pusat perbelanjaan yang besar, nasi yang disajikan nyaris kualitas seadanya. Tidak putih segar, tapi sering kekuningan.

BUkan mau promosi, salah satu resto atau rumah makan yang relatif masih mempertahankan kualitas nasinya yang saya lihat saat ini hanyalah restoran padang, diluar itu meski saya yakin masih ada, tetapi jumlahnya makin susut.

Karena itu berhati-hatilah dan pandai2lah memilih restoran tempat makan anda, gak ada salahnya melihat nasinya terlebih dahulu atau pakai trik pesan makanan yang bisa dikonsumsi bersama nasi atau staple food lainnya.

Sekedar torehan pena di hari weekend, semoga berguna.

Selamat berakhir pekan kawan.

 

Di depan resto Tenya, di salah satu sudut Tokyo.

Menu utama adalah nasi tempura, nasi sangat bagus kualitasnya (maklum petani disubsidi pemerintah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: