Phenomena Uber Taxi di dunia: Digitally Disruptive

Perancis Perkarakan Uber

Presiden Hollande Kecam Protes Keras oleh Pengemudi Taksi

PARIS, JUMAT — Menteri Dalam Negeri Perancis Bernard Cazeneuve, Jumat (26/6), mengatakan telah menindak para manajer setempat dari layanan Uber, sehari setelah negara itu menghentikan layanan UberPOP. Pemerintah memihak pengemudi taksi yang memblokade jalan-jalan raya dalam protes terhadap layanan daring (online) itu.

Para penumpang, Kamis (25/6),  berjalan di tempat pemberhentian taksi saat pengemudi taksi berdemonstrasi di Lyon, Perancis tengah. Menolak keberadaan taksi Uber, para pengemudi mogok dan berunjuk rasa di penjuru Perancis sehingga mengganggu lalu lintas di kota-kota besar dan lalu lintas menuju Bandara Charles de Gaulle, Paris.
AP PHOTO/LAURENT CIPRIANIPara penumpang, Kamis (25/6), berjalan di tempat pemberhentian taksi saat pengemudi taksi berdemonstrasi di Lyon, Perancis tengah. Menolak keberadaan taksi Uber, para pengemudi mogok dan berunjuk rasa di penjuru Perancis sehingga mengganggu lalu lintas di kota-kota besar dan lalu lintas menuju Bandara Charles de Gaulle, Paris.

Berang pada apa yang mereka anggap sebagai kompetisi tidak adil, para pengemudi taksi hari Kamis memblokade jalan-jalan ke bandara ibu kota Perancis, menggulingkan mobil-mobil, dan membakar ban untuk menuntut agar layanan itu dihapuskan.

Sekitar 3.000 pengemudi taksi ambil bagian dalam pemogokan Kamis, menutup akses ke Bandara Charles de Gaulle dan Bandara Orly di Paris, serta mencegah mobil-mobil yang mencapai stasiun kereta api di seluruh negeri.

Polisi mengatakan, 70 mobil rusak dalam bentrokan antara pengemudi taksi dan pengemudi Uber serta tujuh petugas polisi cedera. Sepuluh orang ditangkap dalam kerusuhan itu.

Demonstrasi itu termasuk yang paling sengit dari serangkaian pemogokan dan demonstrasi lain di seluruh Perancis terhadap Uber yang berbasis di San Francisco, AS.

Uber menghubungkan pengemudi dengan penumpang melalui aplikasi telepon pintar (smartphone). Di Perancis, Uber yang mempunyai 1 juta pengguna telah memperluas layanan UberPOP ke kota-kota lain. Hal ini menimbulkan kemarahan para pengemudi taksi dan menimbulkan debat mengenai apa yang disebut kompetisi adil.

Menghadapi ancaman kerusuhan, Presiden Francois Hollande berkomentar dari sela-sela KTT UE di Brussels, Belgia. Dia mengecam protes penuh kekerasan terhadap layanan Uber itu, tetapi dia juga mengatakan, layanan itu ditarik dari peredaran.

Hollande menyebut demonstrasi itu kekerasan yang tidak bisa diterima di Perancis.

Namun, Hollande menambahkan, “UberPOP harus dihapus dan dinyatakan ilegal.”

Jumat, Mendagri Cazeneuve mengatakan kepada radio RTL, “Kami adalah negara hukum dan hukum akan berkuasa.”

Sejak Januari, layanan itu dinyatakan ilegal di Perancis, tetapi Uber menyatakan banding dengan mengatakan, UU yang disahkan Oktober 2014 yang mendasari putusan itu tidak jelas dan bertentangan dengan kebebasan untuk melakukan bisnis. Uber beroperasi sementara menanti putusan pengadilan banding.

Setelah bertemu dengan perwakilan pengemudi taksi, Cazeneuve memerintahkan kepolisian Paris untuk mengeluarkan dekrit melarang UberPOP dan mengatakan bahwa mobil-mobil yang melawan perintah itu akan disita. General Manager Uber Perancis Thibaud Simphal menjawab dengan mengatakan, langkah itu “tak mengubah apa pun” dan bahwa permintaan untuk layanannya di Perancis akan berlanjut.

Sebagian besar pengemudi taksi mengindahkan imbauan serikat pekerja mereka dan kembali bekerja pada Jumat.

Protes juga dilakukan di Marseilles dan Aix-en-Provence.

(REUTERS/AFP/DI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: